BMW X7, SUV yang Rasanya Seperti Sedan Seri 7

Aloha, selamat datang di dwaproject.com, kali ini kami membahas SUV paling bongsor dari BMW yaitu BMW X7. Seperti apa spesifikasi lengkapnya? Baca sampai habis ya..
BMW X7

BMW X7 pertama kali diumumkan oleh BMW pada Maret 2014. Namun saat itu masih berupa prototype, hingga pada Oktober 2018 bentuk X7 secara resmi diperkenalkan. Lalu pada Maret 2019 X7 sudah dijual ke pasaran.

X7 yang ada saat ini baru 1 generasi dan diberi kode G07. Mobil ini melengkapi line-up Seri X BMW, sehingga BMW memiliki varian X1 sampai X7, dan X7 menjadi "raja terakhir" dari Seri X BMW. SUV yang terbesar, termewah dan termahal.

DESAIN & DIMENSI

X7 dibangun pada platform BMW CLAR (Cluster Architecture) yang sama dengan G05 X5. Namun berbeda dengan X5, BMW X7 ini tidak tersedia dengan penggerak roda belakang, tetapi hanya fitur all-wheel-drive (xDrive) saja.

Segi desain eksteriornya, X7 ini sudah mengusung konsep BMW modern, dengan kidney grill yang sangat besar, lampu LED Laser Light yang sipit, bumper depan yang terlihat kokoh.


Pindah ke sisi samping, G07 ini memakai velg 21 inci dengan side skirt krom dan bingkai jendela serta roof rail juga krom. 

Lampu belakang G07 ini ternyata mirip dengan BMW 7 Series, namun dibuat lebih pipih dan melebar. Ada bilah krom yang menghubungkan dua sisi lampunya, dan juga bumper belakangnya yang dihiasi aksen silver yang diapit dua knalpot berlis krom.

Bicara soal dimensi, sudah jelas G07 ini adalah SUV terbesar buatan BMW. Panjangnya mencapai 5,151 mm, lebar 2,000 mm dan tinggi 1,805 mm, sementara wheelbase-nya 3,105 mm. Ground clearancenya juga cukup tinggi yaitu 221 mm. Bobot mobil ini mencapai 2,460 Kg.

MESIN

G07 menawarkan dua varian mesin, bensin dan diesel. Kapasitas mesin terkecil yaitu 3,000 cc 6 silinder segaris, dan yang terbesar 4,400 cc V8. Semua mesinnya dilengkapi dengan Valvetronic dan turbocharger, bahkan untuk versi V8 memakai twin turbo.

Ada beberapa varian mesin yang dipasang di G07, supaya lebih jelas silakan lihat gambar dibawah:

INTERIOR

Kemewahan dari G07 sangat terlihat dari bagian interiornya. Di bagian pengemudi, kemewahan pertama terlihat dari shift knob nya yang menggunakan material kristal swarofski yang mempesona, mirip yang dipakai BMW seri 8 terbaru.

Layout dashboardnya mirip dengan seri 3 G20 dan seri 5 G30. Perbedaannya pada layar iDrive 7.0 yang berukuran 12,3 inci.

Kapasitas penumpang dari G07 ini memuat 7 orang penumpang, dan semua pengaturan jok sudah elektrik. Untuk versi The President, jok baris tengahnya sudah captain seat dan ada bantal empuk di sandaran kepalanya. Duduk di bagian tengah G07 sudah serasa duduk di Seri 7 generasi terbaru.

Kapasitas ruang bagasi sebesar 326 liter, namun bisa diperbesar hingga maksimum 2.120 liter, caranya dengan meneuk jok di baris ketiga hingga rata dengan bagasi.

FITUR DAN TEKNOLOGI

Sudah jelas mobil ini adalah SUV termewah, pasti teknologinya juga sangat canggih. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih yang tidak ditemui di mobil kelas menengah.

Fitur standarnya termasuk jok kulit Vernasca, kontrol suhu lima zona, iDrive 7.0, lampu utama Adaptive LED, wireless charging untuk smartphone, electric seat dan heated seat.   

Fitur lainnya yaitu Ambient Air, atap kaca, Bowers & Wilkins Diamond Surround Sound System.

X7 juga memakai driving assistance system termasuk full cruise control dan deteksi tabrakan dengan intervensi pengereman. Kamera dipasang untuk memastikan pengemudi memperhatikan jalan saat fungsi otonom aktif, dan memungkinkan pengemudi melepaskan tangan mereka dari kemudi hingga satu menit.

BACA JUGA:


Fitur lain termasuk tempat gelas yang didinginkan dan dipanaskan, sunroof panoramik dengan pola lampu LED, dan lampu laser. Paket off-road menambahkan mode berkendara off-road yang dapat dipilih dan menyesuaikan ketinggian pengendaraan, respons akselerasi dan transmisi, dan sistem kontrol traksi. 

G07 memiliki suspensi udara self-leveling. Mobil ini dapat dinaikkan atau diturunkan hingga 40 mm dan akan secara otomatis menurunkan mobil sebesar 20 mm pada kecepatan lebih dari 138 km / jam.

X7 DI INDONESIA

PT BMW Indonesia resmi meluncurkan BMW X7 " The President" ke pasar lewat ajang GIIAS 2019. Perkenalan pertamanya diadakan di Museum Macan, Jakarta Barat pada 15 Juni 2019.

Meski dibanderol Rp 2,399 miliar off the road, sport utility vehicle termewah BMW ini hanya tersedia 20 unit medio 2019 dan sudah ludes.

Yup, sekian dulu pembahasan tentang BMW X7 G07 dari kami. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Selanjutnya kami akan membahas BMW seri lainnya, maka pantengin terus di dwaproject.com

Posting Komentar

0 Komentar