Mobil Kena Banjir, Awas Jangan Langsung Nyalakan Mesin

Jangan sampai salah menangani mobil yang terendam banjir. Pertolongan pertama mobil yang kena banjir, nggak boleh sembarangan. Jika salah, bisa-bisa malah tambah rusak. Lalu bagaimana penanganan pertamanya? Baca artikel ini sampai habis.

Banjir besar melanda Jakarta dan sekitarnya pada Rabu 1 Januari 2020 pagi, usai malam tahun baru. Rumah tenggelam, bahkan mobil-mobil sampai terbawa arus banjir.

Jika sudah begitu, pemilik tidak perlu stres karena sebenarnya mobil yang terkena banjir masih bisa diperbaiki.

Ada beberapa tahapan penting saat pertama kali menyelamatkan mobil bekas banjir.

LEPAS SEMUA KABEL AKI

Menurut pemilik bengkel mobil New Wisan Eurocarworks, Wibi Santoso, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas kabel aki mobil. 

"Langkah pertama parkir mobil seaman mungkin. Tapi jangan nyalakan mesin. Lalu lepas semua kabel aki," kata Wibi saat diwawancarai dwaproject.com, Sabtu (4/4/2020).

Hal itu dilakukan untuk menghindari korsleting di elektikal mobil. Karena kerusakan yang paling umum biasanya di komponen elektrik.

Selanjutnya adalah menangani masalah mesin. Jika Anda tidak mau repot, bisa panggil mekanik atau derek mobil ke bengkel terpercaya.
FOTO: TMC Polda Metro Jaya


LEPAS SOKET KABEL DI MESIN

Namun jika Anda mau melakukan sendiri, langkah selanjutnya adalah melepas semua soket kabel yang ada di ruang mesin. "Soket kabel harus dikeringkan dulu, dibersihkan baru dipasang lagi," ujar Wibi. Tujuannya jangan sampai masih ada air yang tersisa supaya tidak korslet.

BERSIHKAN INTAKE MESIN

Kemudian dilanjut dengan membersihkan saluran intake mesin, mulai dari boks filter udara, sampai ke silinder head mesin. "Intake mesin dibongkar, dikeringkan dan pastikan nggak ada tetesan air tersisa di intake mesin," kata Wibi.

Hal yang paling berbahaya untuk mesin adalah air. Karena jika air sampai masuk ke ruang bakar mesin, bisa terjadi water hammer. Apa itu water hammer akan dijelaskan di artikel lainnya yaa..

BACA JUGA:


GANTI FILTER UDARA

Jika air sudah masuk ke ruang mesin, kemungkinan besar air masuk ke bagian dalam mesin lewat lubang filter udara. "Maka sebaiknya ganti filter udara supaya aman. Khawatir filter udara sudah terkena air," jelas Wibi. 

BERSIHKAN BUSI

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian busi mesin. "Semua busi dibuka, dibersihkan, dan lihat apakah ada air di dalam piston. Kalau ada, harus dibersihkan pakai cara khusus," ujar Wibi yang juga berpengalaman menangani mobil bekas banjir itu.

CEK ECU DAN MODUL

Jika air banjir juga masuk ke kabin sampai dashboard mobil, kemungkinan besar komponen elektronik seperti modul dan ECU rusak. Alangkah baiknya dibawa ke bengkel terdekat saja untuk dilakukan pengecekan.

Bengkel mobil New Wisan Eurocarworks yang ada di Ruko Merpati Residence No. 5, Jalan Merpati Raya Kav. 41, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan itu juga biasa memperbaiki mobil bekas banjir. Apalagi mobil yang biasa masuk ke bengkel ini adalah buatan Eropa seperti BMW dan Mercedes Benz.


Langkah terakhir adalah siapkan dana atau uang untuk perbaikan mobilnya. Karena mau tidak mau pasti mengeluarkan biaya yang lumayan jika mobil sudah terkena musibah banjir. 

Oke, sekian dulu tips dan trik dari dwaproject.com tentang pertolongan pertama mobil terdampak banjir. See You in The Next Article..

Posting Komentar

2 Komentar

  1. E36 gw kena banjir sampe karpet dasar
    udah gw vacum bersih udah gak bau

    apa gw harus ke salon angkat karpet dasar

    btw kira kira kalo ke salon ada rekomendasi gak yg bisa buat E36 karena mobil udah tua pasti agak ribet.

    Thank You

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa sebaiknya angkat karpet dasar, khawatir masih ada air tersisa dibawah karpet, bisa bikin berkarat.

      Untuk salon mobil, biasanya salon mobil profesional sudah pasti bisa menangani mobil E36. Yang penting teliti aja, ingatkan mekaniknya bagian mobil mana aja yang masih berfungsi baik, mana yang udah ga berfungsi (Jok, lampu-lampu, seatbelt, dll). Supaya nggak salah paham dengan bengkel

      Hapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)