BMW X1, Compact SUV Bisa Dipakai Harian

Aloha, selamat datang di dwaproject.com kali ini kita akan mengulas semua tipe BMW X1, the compact luxury SUV dari BMW, baca sampai habis..
bmw x1

BMW X1 muncul pertama kali pada 2009 dengan kode E84 yang diproduksi sampai 2015. Lalu model berikutnya muncul pada 2015 dengan kode F48, sampai sekarang. Jadi dalam sejarahnya, X1 baru ada dua generasi.

BMW E84 

Mobil ini basicnya diambil dari Concept X1, mobil konsep SUV yang dipamerkan pertama kali di Paris Motor Show 2008. Lalu BMW memutuskan membuatkan versi produksi massalnya dan dijual ke seluruh dunia.
bmw x1

Platform mobil ini diambil dari BMW seri 3 yaitu E91. Makanya panjang wheelbase E84 dan E91 sama-sama 2.760 mm.

MESIN

Ada dua varian mesin dari E84 yaitu bensin dan diesel. Selain itu mobil ini ada yang menggunakan penggerak empat roda (xDrive) maupun dua roda belakang (sDrive). Ada cukup banyak varian dari E84. Supaya lebih jelas, silakan lihat gambar dibawah:
VERSI BENSIN

VERSI DIESEL
Transmisi yang dipasang di E84 ada yang menggunakan 6 speed manual, 6 speed automatic dan 8 speed automatic.

DESAIN & DIMENSI

BMW X1 adalah SUV yang ukuran body paling kompak dari BMW. Selain itu mesin yang dipasang ke X1 tidak terlalu besar. Paling kecil mesinnya adalah 1.600 cc, sehingga irit BBM dan cocok dipakai harian. Harganya juga relatif terjangkau dibanding seri X yang lain.

Desain E84 juga terlihat sporty, tarikan garisnya tegas, serta sudah menggunakan lampu projector. Semua E84 mengusung layout 5 pintu dengan bagasi belakang yang luas.


Meskipun memakai platform yang sama dengan wagon seri 3 E91, tapi ground clearance E84 lebih tinggi. Tinggi body E84 dari permukaan tanah yaitu 1.930 mm, jadi lebih aman jika harus melalui medan semi offroad.

Volume bagasi E84 cukup lega, yaitu 420 liter. Kursi belakang dapat dilipat menjadi 40:20:40 dan menambah ruang penyimpanan menjadi 1.350 liter.

BACA JUGA:


Selain menggunakan platform yang sama dengan E91, platform E84 juga dipakai di mobil Zinoro 1E, yang merupakan crossover listrik dengan motor listrik 125 kW (168 hp) yang dipasang di belakang yang menghasilkan torsi 250 N⋅m.

FITUR & TEKNOLOGI

Teknologi yang dipasang di E84 juga sudah cukup canggih. Fitur seperti dual climate control, sensor parkir, velg 17 inci, dan pengereman regeneratif sudah menjadi standar.

Pengaturan jok elektrik di kursi pengemudi dan penumpang depan, tilt dan telescopic steer serta tombol pengaturan di setir juga sudah menjadi fitur standar di mobil ini.

Dynamic Traction Control (DTC) dan engine start stop button juga sudah disematkan sebagai fitur yang memanjakan pengemudi.

FACELIFT

Pada 2012, E84 mengalami facelift yang diperkenalkan di New York International Autoshow 2012. Beberapa perubahan disematkan yaitu:
  • Perubahan desain eksterior termasuk: lampu utama yang didesain ulang, lampu belakang, bumper depan, dan cermin yang dirancang ulang dengan indikator terintegrasi.
  • Perubahan interior termasuk: desain konsol tengah yang diperbarui, pilihan trim interior baru, dan desain setir baru.
  • Pengenalan trim xLine, Sport, dan M Sport.
  • Penambahan program BMW EfficientDynamics pada semua model (termasuk fitur seperti setir daya listrik dan sistem start-stop engine).
  • Pengenalan model X1 pertama untuk pasar Amerika Serikat.

BMW F48


Model ini adalah generasi penerus dari E84. Diperkenalkan pertama kali di Frankfurt Motor Show 2015 dan di Tokyo Motor Show 2015. Lalu produksinya masih dilanjutkan sampai artikel ini diterbitkan.

Generasi kedua dari X1 ini juga memiliki versi long wheelbase yang diberi kode F49. Pertama kali diperkenalkan di Beijing Auto Show 2016. Wheelbasenya memanjang 110 mm dibanding tipe F48 biasa.

MESIN

Mesin yang dipasang di E48 lebih kecil ukurannya dibanding E84. Paling besar yaitu 2.000 cc dan paling kecil 1.500 cc untuk varian bensin dan dieselnya. Tapi untungnya sudah menggunakan turbo.

Selain itu, BMW juga sudah memasang varian plug in hybrid di mesin E48, sehingga konsumsi BBM dan emisinya sangat rendah.

MESIN BENSIN
MESIN DIESEL

DIMENSI

BMW F48 memiliki dimensi yang berbeda dari E84. Wheelbasenya lebih pendek 90 mm, lebih lebar 23 mm dan lebih tinggi 67 mm. Jika dilihat, memang F48 sedikit lebih gagah dibanding E84.

FITUR & TEKNOLOGI

Teknologi yang dipasang di F48 tentu lebih canggih dari E84. iDrive yang berukuran 6,5 inci, electric tail gate, rack rail, sunroof, keyless entry sudah menjadi fitur standar di F48.

Di beberapa tipe bahkan sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof, head up display, driving assistance, Navigation plus berukuran 8,8 inci touchscreen.

Sisanya, fitur yang dipasang di E84 juga bisa ditemukan di F48.

Yak, demikianlah pembahasan kami tentang BMW X1, compact SUV dari BMW. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Selanjutnya  kami akan membahas BMW X2, nantikan terus di dwaproject.com.

Posting Komentar

0 Komentar