BMW F01, Mobil High Class Dengan Fitur Cerdas

Aloha, Selamat datang di dwaproject.com. Kali ini kita masuk ke pembahasan untuk BMW generasi kelima dari seri 7, yaitu BMW F01. Let's Check this out  !.
www.dwaproject.com/F01

BMW F01 adalah jajaran BMW Seri 7 terbaru yang diluncurkan di Lapangan Merah, Moskow, Rusia, Selanjutnya pada ajang Paris Motor Show, dan Los Angeles International Auto Show pada  2008.

Mobil seri 7 ini bisa dibilang semakin mewah dan semakin canggih tentunya. Mobil ini terdiri dari 2 versi yaitu BMW F01 (versi sedan) dan BMW F02 (versi sedan panjang) ukuran penuh sedan mewah. Model sumbu roda panjangnya mempunyai kode BMW F02, lebih panjang 14 cm (5,5 in) daripada BMW F01.
www.dwaproject.com/F02
Foto BMW F02

Model awal yang diluncurkan pertama kalinya pada seri ini antara lain 740i, 750i, 730d, 740Li, 750Li.

Sejarah

Berbicara soal sejarah, Dalam pengembanganya Eksterior mobil ini dirancang oleh seorang desainer otomotif Kanada, Karim Habib. Dari segi desain, Karim tetap mempertahankan beberapa elemen dari seri 7 pendahulunya, akan tetapi menghilangkan elemen yang sempat kontroversial di antara para penggemar BMW.
www.dwaproject.com/F01
Foto Bagian Depan BMW F01

Lampu depan yang tentunya mengingatkan kita pada Seri E65 tetapi lebih kecil dan lebih ramping. Kemudian untuk bagian gril dibuat lebar dan lebih besar dibanding BMW yang sudah ada sebelumnya.

BACA JUGA

Kemudian dari segi ukuran Karim mendesain Seri F01 7 lebih besar dari pendahulunya dengan menambahkan 1,7 in (43,2 mm) ke panjang keseluruhan dan 3,2 in (81,3 mm) ke wheel base, tentunya bobotnya pun ikut bertambah.

Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi BMW F01 dari masa ke masa :

Model Bensin

www.dwaproject.com/F01/modelbensin


Model Diesel

www.dwaproject.com/F01/modeldiesel

Fitur dan Teknologi

www.dwaproject.com/F01/interior
Foto interior BMW F01

Dari segi fitur BMW F01 adalah kendaraan BMW pertama yang tersedia dengan kemudi roda belakang (Integral Active Steering), Dengan teknologi ini, kendaraan pada kecepatan rendah akan membelokkan roda belakang berlawanan dengan roda depan. 

sedangkan sebaliknya, jika pada saat kecepatan tinggi tentunya hal ini memudahkan pengemudi mobil untuk bermanuver ketika dijalan.

Fitur perdana berikutnya yaitu  sistem lane departure warning untuk memperingatkan pengendara ketika kendaraan mulai keluar jalur dengan getaran di roda kemudi.

Kemudian mobil ini juga dilengkapi all-wheel drive (xDrive), transmisi otomatis dengan delapan kecepatan, fitur night vision untuk pengenalan pejalan kaki, pemantauan blind spot, fitur pijat untuk kursi belakang dan sistem radar cruise control yang mampu sepenuhnya menghentikan mobil dan berakselerasi dari kemacetan (Active Cruise Control with Stop and Go).

Selain itu mobil ini juga dilengkapi kamera samping yang dipasang di bumper depan untuk membantu penglihatan pengemudi di area yang sempit, dan juga kamera belakang. 

Dengan menggabungkan fungsi kedua kamera ini pada bagian depan dan belakang, F01 dapat menampilkan grafik overhead virtual mobil untuk membantu memudahkan pengemudi dalam memarkirkan kendaraanya. 
www.dwaproject.com/F01/iDrive
Foto Tombol iDrive F01

Selanjutnya fitur Instrumen Cluster memiliki latar belakang LCD yang memungkinkan berbagai gambar ditampilkan. Fitur iDrive yang semakin di tingkatkan dengan tampilan layar 10,2 inci didukung dengan resolusi yang tajam.

Untuk tampilan navigasi dapat ditampilkan bersebelahan dengan tampilan tingkat elevasi, sehingga tanjakan atau turunan dapat diketahui. Peta navigasi sudah tidak lagi menggunakan format DVD apalagi CD, tetapi sudah dalam bentuk hard drive.

Sistem peringatan keberangkatan jalur - sebagaimana dipasang pada BMW E60 seri 5 sejak 2007 - juga tersedia untuk pertama kalinya dalam Seri 7.


Salah satu fakta dari BMW F01 yaitu bahwa model ini menggunakan aluminium sebagai bahan dasar di beberapa bagian seperti, Eksterior mencakup bagian atap, tutup mesin, pintu, dan spakbor depan.
Kemudian landasan suspensi, lengan suspensi, dan suspensi itu sendiri juga menggunakan aluminium. Tak hanya itu, aluminium juga merambah pada jeroan pemasok daya mobil F01 ini.

Model Khusus

1. F03 (Keamanan Tinggi)

www.dwaproject.com/F03

Model 750Li High Security dan 760Li High Security adalah mobil pertama yang disertifikasi dengan peringkat perlindungan balistik BRV 2009 dan VR7. Pembaruan keamanan meliputi lapis baja undercarriage, kaca laminasi multi-lapis setebal 60 mm (2,4 inci) dan pelapis pelindung pada pintu, atap, pilar tubuh, alas kaki depan dan sekat belakang. 

Karena bobot tambahan peningkatan keamanan, komponen suspensi seperti peredam kejut dan top strut ditingkatkan. Opsi termasuk sistem interkom antara penumpang dan pengemudi, alarm, pemadam api dengan sensor suhu, sensor gas iritan (untuk memperingatkan gas berbahaya di area penumpang), sistem pasokan udara segar dan kompartemen untuk dua senapan mesin di konsol tengah. Wow !.

2. ActiveHybrid 7

www.dwaproject.com/activehybrid7

 

Activehybrid 7 adalah kendaraan BMW pertama yang menggunakan drivetrain hybrid. Konsep ini diperkenalkan sebagai Concept 7 Series ActiveHybrid di Paris Motor Show dan Los Angeles International Auto Show 2008 . 

Sedangkan untuk versi produksi diluncurkan di Frankfurt Auto Show 2009 , dan ditampilkan lagi kemudian di Monaco Yacht Show 2010. 

Versi produksi yang disebut ActiveHybrid 7 menggunakan mesin dari 750i plus motor listrik dengan peringkat 15 kW (20 hp) dan torsi 210 N⋅m (155 lb⋅ft). Motor listrik terintegrasi ke dalam rumah transmisi, mengganti alternator dan starter. Baterai adalah jenis lithium-ion dan terletak di bawah deck mobil. 

Fitur lain termasuk sistem start / stop otomatis. dan transmisi otomatis 8 kecepatan. Sistem hybrid didasarkan pada 2-mode hybrid dari Daimler AG . 

Unit pengereman regeneratif mencakup baterai 12 V Absorbent Glass Mat, yang berjalan paralel dengan jaringan listrik 120 V untuk motor listrik. BMW mengklaim akan meningkatkan konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi hingga 15% dibandingkan model non-hybrid.

3. Alpina B7

 
www.dwaproject.com/alpinaB7

B7 Alpina didasarkan pada 750i dan mulai berproduksi untuk model tahun 2011. Kendaraan ini diluncurkan pada 2010 Chicago Auto Show, dan mulai dijual pada musim semi 2010. Versi produksi mulai dijual sebagai kendaraan model tahun 2011. 

Mesin Alpina B7 dirakit dengan tangan di fasilitas Alpina di Buchloe , Jerman, sebelum dikirim ke BMW untuk instalasi, dan kendaraan yang dirakit kemudian dikirim kembali ke Alpina untuk sentuhan akhir. 

Pada B7 2010-2012, varian Alpina dari mesin V8 4.4-liter N63 twin-turbocharged diberi nilai 373 kW (500 hp) dan 700 N⋅m (516 lb⋅ft), dengan angka ekonomi bahan bakar yang sama dengan angka 750i biasa. 

Dibandingkan dengan mesin N63 biasa, varian Alpina mencakup piston berkinerja tinggi, kepala silinder yang diperkuat, radiator tambahan, dan pendingin eksternal untuk oli engine dan oli transmisi. 

Turbocharger yang lebih besar dan lebih ringan dipasang sehingga meningkatkan tekanan dari 0,8 bar (11,6 psi) menjadi 1,0 bar (14,5 psi).  F7 / F02 B7 menandai pertama kalinya BMW M dan Alpina menggunakan jenis induksi paksa yang sama untuk mesin mereka; Mesin Alpina memiliki tenaga kuda lebih sedikit tetapi torsi lebih dari varian S63 yang digunakan dalam F10 M5 .

4. Limousine Pangeran Albert II

Pada tahun 2011, limousine BMW 7 Series versi produksi terbatas (200 unit dipasok oleh BMW untuk pernikahan Pangeran Albert II dari Monako.

Sekian dulu pembahasan kami seputar BMW E38 Seri 7, Nantikan pembahasan kami berikutnya.

Posting Komentar

0 Komentar