BMW E65, Mobil yang Penuh Kontroversi

Aloha!.. Selamat datang di dwaproject.com kali ini kita akan membahas generasi ke empat seri 7, yaitu BMW E65. Simak terus..
bmw e65

BMW E65 masuk ke kategori full-size luxury sedan, mobil ini diproduksi mulai 2001 sampai 2008. Ada beberapa tipe dari BMW E65 yaitu BMW E65 biasa, tanpa "long wheelbase"
bmw e65

BMW E66, versi long wheelbase dari E65
bmw e65

BMW E67, versi high security dari E65
bmw e65

Dan BMW E68 yang menggunakan bahan bakar hidrogen.
bmw e65


Dari semua model diatas, sangat sulit membedakannya secara kasat mata. Karena memang sangat mirip banget.

DESAIN & DIMENSI

Desain eksterior mobil ini memang bukan selera semua orang. Bahkan menurut kami E65 adalah sedan terjelek dari BMW, terutama di bagian depannya.

Tapi sebenarnya jelek atau bagus itu relatif. Desainer dari E65 sendiri bukan orang sembarangan. Dia adalah Adrian Van Hooydonk yang pada 2010 menjadi Chief Designer BMW.

Sementara untuk desain interiornya E65 berisi banyak kecanggihan teknologi. BMW melepas shift knob di konsol tengah, menggantikannya dengan tangkai yang dipasang di kolom kemudi (di dekat sein).

E-brake dikendalikan menggunakan tombol di dasbor. Kontrol penyesuaian kursi dipindahkan dari tempat tradisional mereka di sisi dudukan kursi ke bagian dalam konsol tengah.

Tidak seperti kebanyakan BMW, panel instrumen tengah tidak miring ke arah pengemudi.
bmw e65

Dimensi E65 memiliki panjang lebih dari 5 meter. Dan untuk yang versi long wheelbase (E66) lebih panjang 100 mm dari versi standarnya.

MESIN

Karena ini sedan mewah, sudah pasti menggendong mesin besar. Varian terendah E65 menggunakan mesin M54B30 3.000 cc inline 6 silinder, sedangkan yang terbesar memakai mesin N73B60 6.000cc V12.

Ada juga E65 yang menggunakan mesin diesel berteknologi turbo.
MESIN BENSIN

MESIN DIESEL

Untuk model 730i pre facelift (2004-2005) menggunakan mesi  M54B30, sedangkan yang facelift sudah memakai N52B30. Perbedaannya ada di horsepower yang naik dari 228 HP menjadi 255 HP.

Sedangkan versi dieselnya juga sama. 730d pre facelift mengusung mesin M57D30TU, dan yang facelift memakai mesin M57D30TU2. Horsepower juga naik dari 215 HP menjadi 228 HP.

bmw e65
N62B48 Engine

FITUR & TEKNOLOGI

BMW E65 sudah memakai teknologi canggih pada zamannya. Bahkan sampai sekarang teknologi itu masih terbilang canggih. Beberapa teknologinya yaitu:

  • Satellite Navigation. 
  • Mobil pertama di dunia yang menerapkan perangkat “rem tangan elektrik” yang bisa bekerja secara aktif otomatis bila lalu lintas sedang padat atau ketika mesin dimatikan.
  • Adaptive Headlight akan menyesuaikan arah sorot lampu secara horizontal dengan arah tikungan mobil juga secara vertikal.
  • Mesin V-8 N62 adalah yang pertama dilengkapi Valvetronic dan juga “continuously variable-length intake manifold”
  • Automatic soft closed door system, memungkinkan pintu menutup otomatis jika pintu mobil kurang tertutup sempurna. Fitur ini tidak ada di semua varian.
  • Sensor parkir depan dan belakang
  • 8 Speaker Stereo
  • Glass Sunroof
  • Drive Memory
  • iDrive System
  • Adaptive Cruise Control
  • Climate Control

FACELIFT & NON FACELIFT

Di BMW, istilah facelift digantikan dengan LCI (Lifcycle Impulse), dan di E65, BMW melakukan satu kali facelift, yaitu pada keluaran tahun 2005.

Bentuk eksterior dari facelift dan non facelift yaitu pada headligts, grill depan yang melonjong, bemper depan, tambahan list krom bagasi belakang, bemper belakang dan lampu belakang.
bmw e65
BMW E65 FACELIFT

bmw e65
BMW E65 NON FACELIFT

Cukup banyak perubahan yang ditambahkan, begini penjelasannya:

  • Pembaruan iDrive termasuk antarmuka yang disederhanakan, grafik yang lebih jelas, dan pengontrol iDrive sekarang memiliki permukaan atas kulit.
  • Mesin 740i, 750i, dan 745d diperkenalkan sebagai pengganti.
  • Mesin 730i dan 730d menerima peningkatan kinerja dan efisiensi kecil.
  • Lebar buntut belakang bertambah 14 mm 
  • Adaptive cruise control yang ditingkatkan ke ACC II.

MODEL SPESIAL

BMW E65 menawarkan model spesialnya yaitu diberi kode E67 dan E68.

E67 High Security 7 Series adalah mobil lapis baja. Mobil ini dirancang untuk menahan serangan, dan memenuhi persyaratan standar senjata B7. 

Fitur keamanan termasuk kaca anti peluru, sistem start jarak jauh, sistem pemadam kebakaran, sistem udara segar, dan perlindungan di bagian bawah mobil untuk menahan serangan ranjau kecil.

BACA JUGA:


Sedangkan BMW E68 adalah mobil berbahan bakar hidrogen. Ia menggunakan versi modifikasi dari mesin N73 V12 760Li, menghasilkan 191 kW (256 bhp).

Konsumsi Bahan bakarnya diklaim 50 Liter / 100 km dan hidrogen disimpan sebagai cairan dalam tangki 170 Liter.

Hanya 100 mobil yang dibuat, dan disewakan kepada pelanggan kelas atas, untuk mempromosikan penggunaan kendaraan hidrogen.

KONTROVERSI

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, desain eksterior mobil ini memunculkan kekecewaan di benak  banyak pecinta BMW. Kami juga kurang menyukai desain bagian depan dari mobil ini.

Selain itu, iDrive di mobil ini cukup sulit dioperasikan. Beberapa pengguna yang mengeluhkan, karena banyak pengaturan mobil dibenamkan dalam iDrive, mulai dari entertainment, navigasi, telepon seluler, dan berbagai fitur BMW assist. Padahal, sistem iDrive pada mobil ini kurang begitu responsif.

Meski memunculkan kontroversi, mobil ini tetap laris terjual di pasaran. Karena pada era kemunculannya, BMW E65 adalah sedan mewah yang super canggih.

Yak, sekian pembahasan kami tentang BMW E65, generasi keempat dari seri 7. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Selanjutnya kami akan membahas generasi ke lima dari seri 7, yaitu BMW F01. Terima kasi sudah berkunjung ke dwaproject.com

Posting Komentar

0 Komentar