BMW E38, Sedan Luxury Berteknologi Tinggi

Aloha, Selamat datang di dwaproject.com. Kali ini kita masuk ke pembahasan untuk BMW generasi ketiga dari seri 7, yaitu BMW E38.
dwaproject.com/E38

BMW E38, yap mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta BMW untuk mobil satu ini. Dengan desainnya yang sangat mencolok, terlihat besar dan gagah, ditambah interiornya yang mewah tentunya sangat menggoda anda untuk memilikinya.

Ditambah lagi mobil ini pernah ikut andil dalam sebuah film layar lebar ternama yang berjudul 'The Transporter'.

Film yang dibintangi oleh aktor terkenal Jason Statham yang berperan sebagai Frank Martin dalam melarikan diri dari misi yang tidak baik, tentunya membuat mobil BMW satu ini semakin banyak di gemari oleh kalangan pecinta BMW.

Sejarah

BMW E38 diproduksi sejak tahun 1995 sampai 2001. Dalam perjalananya pada tahun 1988, pengembangan generasi ketiga seri 7 dimulai dengan kodenama "Entwicklung 99". Di tahun 1989 sampai 1990 model bodi selesai, kemudian desain konsep Boyke Boyer dipilih untuk menjadi bentuk produksi dengan bantuan para insinyur BMW. 

Kemudian tahun 1991, desain final produksi pun selesai. Lalu pada tanggal 27 April 1993, desain dipatenkan bersamaan dengan prototipenya. Selanjutnya pada bulan Mei 1994 Seri 7 E38 diluncurkan dan diproduksi mulai 17 Februari 1994.

Fitur dan Teknologi

Dari segi keamanan, Mobil ini adalah mobil pertama yang dilengkapi tubular airbag (kantong udara yang melindungi kepala dan mengatasi benturan dari samping), yang hingga kini piranti tersebut dijadikan standar oleh pihak BMW.
dwaproject.com/E38/interior
Foto Interior Bagian Depan BMW E38

Kemudian BMW E38 merupakan mobil Eropa pertama yang dilengkapi navigasi satelit sekaligus televisi built-in. Sistem ini dinamakan “CARIN”, sebuah kecanggihan luar biasa kala itu dari buah kerja sama antara BMW dan Philips.

Piranti dan sistem ini bertahan hingga tahun 2000, lalu dilakukan peningkatan seperti pada layar tampilannya menjadi 6,5 inchi dan juga pada perangkat lunaknya menjadi MK II. Karenanya pada saat itu peta navigasi satelit diubah ke bentuk CD.

BACA JUGA:


Kemudian fitur berikutnya adalah Dynamic Stability Control yaitu sebuah sistem otomatis yang terkomputerisasi yang mampu mendeteksi dan mengurangi hilangnya traksi. Tujuannya bukan lain untuk menerapkan pengereman secara individual pada roda hingga situasi terkendali.
dwaproject.com/E38/interior
Foto Interior Bagian Belakang BMW E38

Selanjutnya sistem I-bus, yaitu sistem entertainment dalam mobil yang mencakup radio, sistem audio, navigasi satelit, televisi, dan sistem komunikasi. 

Tidak hanya itu BMW E38 juga sudah dilengkapi sensor parkir sebuah fitur canggih dan mewah pada kala itu. Kursi elektrik dengan tiga memori posisi, fitur pijatan untuk memberikan efek relaksasi pada pengemudi, dan fitur kemudi serbaguna yang bisa disesuaikan.

Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi BMW E38 dari masa ke masa :


Model Khusus

Mobil BMW E38 memiliki seri khusus di bandingkan seri lainnya. Hal itu terdapat pada kode yang berakhiran L yang diartikan Long Wheel base atau Long Chassis. Jadi Khusus untuk Kode yang berakhiran L, Body E38 berukuran lebih panjang.
dwaproject.com/E38/735iL
Foto BMW E8 735iL

Sedangkan untuk tipe yang tanpa kode berakhiran L menggunakan sasis pendek yang diperkenalkan tahun 1999 pada 728i sebagai entri level pada kala itu.
dwaproject.com/E38/735i
Foto BMW E38 735

Kemudian L7, merupakan varian limousine dari BMW E38. Versi ini dijejali kemewahan dan fitur yang berfokus pada kenyamanan penumpang seperti kursi elektrik, nampan terlipat, kulkas, televisi lengkap dengan pemutar video, bahkan mesin faksimile.

Di samping itu, Protection Line dan Security Line adalah varian lapis baja tahan peluru dan bom, ditujukan untuk perlindungan dan pengawalan.
dwaproject.com/E38/L7
Foto BMW E38 L7

Suka Duka Merawat E38 Indonesia

Untuk Suka dukanya dalam merawat BMW E38, kami hadirkan berdasarkan pengalaman penggunanya langsung dalam video di bawah ini :

In Depth Review BMW E38 Indonesia

Untuk Melihat detil fitur kecangihan dan interior dari BMW E38, Kami kupas dalam video di bawah ini :

Sekian dulu pembahasan kami seputar BMW E38 Seri 7, Nantikan pembahasan kami berikutnya.

Posting Komentar

0 Komentar