BMW E32, Generasi Kedua dari Seri 7

Aloha, selamat datang di dwaproject.com kali ini kita akan membahas generasi kedua dari BMW Seri 7, yaitu BMW E32. Bagaimana spesifikasinya? Mari kupas tuntas.
bmw e32/dwaproject.com

SEJARAH BMW E32

Seperti biasa, kita mulai dari sejarahnya lebih dulu. BMW E32 muncul pada tahun 1986 menggantikan generasi pertama seri 7 yaitu BMW E23. Masa produksi E32 berakhir pada 1994, lalu digantikan dengan BMW E38.

Mobil ini sudah dirancang dan dikembangkan sejak 7 tahun sebelumnya oleh BMW, yaitu pada September 1979.

Pada awal kemunculannya, E32 menjadi sedan tercanggih buatan BMW, karena banyak fitur modern yang disematkan di mobil ini. Wajar, karena memang seri 7 selalu jadi flagship dari produk buatan BMW.

Apa saja fitur dan kecanggihan dari mobil ini? akan kita bahas di bagian bawah. 

MESIN

BMW E32 dibekali dengan 3 tipe mesin, 6 silinder segaris, V8 dan V12. Semua E32 menggunakan mesin bensin, jadi tak ada E32 yang pakai mesin diesel.
bmw e32/dwaproject.com


Varian terendah dari E32 yaitu 730i menggunakan mesin M30, dan varian tertinggi 750i menggendong mesin M70 V12 5.000 cc. 

Supaya lebih mudah, silakan lihat gambar dibawah:

Terlihat top speed dari mobil ini tidak ada yang lebih dari 250 km/jam. Karena BMW  mulai membuat batasan kecepatan maksimum sekitar 250 km/jam di E32. Padahal jika limit tersebut dilepas, mobil bisa berlari sampai 300 km/jam.

Untuk bahan dinding silindernya, BMW memakai nikasil pada mesin M60-nya. Tapi sayangnya bahan nikasil ini kurang tahan terhadap bahan bakar sulfur tinggi.

DESAIN DAN EKSTERIOR

Perancang desain BMW E32 adalah Ercole Spada yang mendesain interior dan Hans Kerschbaum yang mendesain eskterior. Keduanya dibawah komando Claus Luthe sebagai design director BMW saat itu.

Ada yang unik dari desian E32, yaitu perbedaan kidney grill sempit dan lebar. Untuk yang menggunakan mesin 6 silinder, kidney grillnya sempit. Sementara yang memakai mesin V8 dan V12, kidney grillnya lebar.
bmw e32/dwaproject.com
BMW E32 6 SILINDER

bmw e32/dwaproject.com
BMW E32 V12
E32 adalah BMW pertama yang menggunakan lampu belakang berbentuk L. Tujuannya  untuk keselamatan dan mengikuti aturan lalu lintas pada zaman itu. 
bmw e32/dwaproject.com


DIMENSI

Karena mobil ini adalah sedan mewahnya BMW, maka tidak ada E32 yang versi 2 pintu. Dimensinya juga panjang dan lebar. Tujuannya agar kabin bagian penumpang dibuat seluas mungkin.

BMW juga pertama kali menciptakan versi sedan long wheelbase-nya di mobil ini dengan kode L dibelakangnya (740iL). Versi L ini lebih panjang 11,4 cm untuk penumpang belakang, dengan cara memanjangkan pintu dan bodi belakang.
bmw e32/dwaproject.com

Agar lebih mudah menjelaskan dimensi E32, silakan lihat gambar dibawah.

FITUR DAN TEKNOLOGI

Banyak fitur mewah yang disematkan di mobil ini, seperti telepon, mesin faksimil, wine cooler, double glazing dan sunroof.

E32 juga memakai teknologi yang mampu secara otomatis meningkatkan tekanan pegas pada wiper kaca depan, sehingga posisinya tetap menempel pada kaca sekalipun mobil berjalan dengan kecepatan tinggi.

Fitur baru lainnya yang disematkan pada E32 adalah Electronic Damper Control, CAN bus electronic protocol, Xenon headlamps, dan dual-zone climate control, kursi belakang yang dapat disetel secara elektronik dan kontrol radio untuk penumpang belakang (eksklusif untuk 750iL).

BACA JUGA:


E32 adalah BMW pertama yang menggunakan kontrol traksi yang disebut Active Stability Control (ASC). Versi awal ASC ini mengurangi wheelspin dengan mengurangi tenaga mesin, sementara versi selanjutnya (ASC + T) juga menerapkan rem belakang.

INTERIOR

Desain interior E32 terlihat sangat klasik, namun mewah pada zaman kemunculannya. Belum ada instrumen digital di mobil ini. Bahkan pengaturan climate control masih memakai knob "putaran kompor". 

Tapi di dashboard tengahnya sudah menghadap pengemudi. Sehingga membuat kesan driver oriented.
bmw e32/dwaproject.com

E32 sudah memakai material woodpanel asli, membuat kesan mewah makin terasa. Ada dua pilihan lapisan jok, yaitu suede dan kulit asli.

Selain itu, untuk memanjakan penumpang belakang, dipasang blower AC di konsol tengah yang mengarah ke penumpang belakang. Benar-benar nyaman.

SPESIAL MODEL

BMW 750iL Highline adalah E32 kasta paling tinggi. Banyak kemewahan tambahan untuk penumpang belakang seperti double climate control dengan coolbox yang dipasang di konsol tengah, jok belakang yang bisa disesuaikan, meja lipat veneer walnut, dua gelas kristal yang diletakkan dengan rapi di coolbox, sandaran kaki, dan sunshade di jendela samping. 

Tipe Highline ini lebih mahal 15.000 USD dibanding 750iL biasa dan hanya tersedia di 750iL. Harga jual 750iL Highline ini jadi dua kali lipat lebih mahal dari 730i biasa. Super sekali.

E32 DI INDONESIA

Mobil mewah BMW tahun 90an awal ini juga mengaspal di Indonesia. Tipe yang banyak masuk yaitu 730i dan 735i. Ada juga tipe 750i, namun tergolong langka di Indonesia. 

Namun sayang populasinya saat ini sudah sulit ditemui. Faktor spare part yang juga mulai langka, membuat pemilik kesulitan pelihara E32.

Harga jual mobil ini juga sangat "gelap", semua tergantung kondisi dan keinginan penjual. Karena pembeli E32 biasanya adalah seorang kolektor mobil klasik Eropa.

Yup, sekian pembahasan tentang generasi kedua dari seri 7 ini. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Selanjutnya kami juga membahas generasi ketiga dari seri 7 yaitu BMW E38. See You....

Posting Komentar

0 Komentar